-->
Powered by Blogger.

Resep Kroket Kentang by Diana Endri Rosisca



by Diana Endri Rosisca

Resep turun temurun dr nenek saya yg duluu...pd jamannya sbg chef alias mandor masak di acara2 pesta pernikahan tetangga kampung. Ini kroket enak banget, dulu waktu saya sempat jualan selalu laris manis...yuk maree..


Bahan-bahan
500 gr kentang
250 gr tepung terigu
2 btr kuning telur
100 gr mentega
100 gr susu bubuk
❤ Bahan isian ::
300 gr Wortel, potong kotak kecil
250 gr daging ayam giling/filet dada Ayam
2 btg bwg Prei, iris kecil
💕 Bumbu2 isian ::
5 siung bwg merah
3 siung bwg putih
1/4 sdt merica bubuk
secukupnya garam dan kaldu bubuk
3 sdm gula pasir
❤ Bahan pelapis ::
100 gr tepung panir
2 btr putih telur
❤ Bahan pengental isian ::
1 sdm tepung maizena/terigu
100 ml air


Langkah (45 menit)

Filet ayam di potong kecil dan haluskan bisa dg di uleg.
❤ Buat bahan isian :: Haluskan bumbu, tumis dg bawang prei sampai harum. Masukkan ayam aduk2 jangan di penyet/di tekan biar tekstur ayam bergerindil. Setelah itu tambahkan air, masukkan wortel masak sampai matang empuk. Koreksi rasa, cenderung manis gurih dan susutkan airnya. Kentalkan dg tepung maizena/terigu yg di larutkan dg sedikit air. Matikan api, sisihkan.


❤ Buat adonan kentang :: Kukus kentang dan haluskan. Campur pure kentang dg kuning telur, mentega, susu bubuk dan terigu. Aduk rata adonan dan goreng di wajan dg api kecil sambil terus di aduk sampai kalis (gak lengket dan mudah di bentuk). Note: Utk susu bubuk kalo resep 100 gr, di bikin 50 gr juga enak. Adonan kentangnya di goreng tanpa minyak/di sangrai krn stlh di campur dg bahan2 kentangnya msh lembek shg di kaliskan lagi dg cara di sangrai sampe mdh di bentuk/tdk lengket di tangan.
Ambil adonan kentang, isi dg bahan isian lakukan sampai semua adonan habis. (1 resep bisa jadi 25 kroket, jd bisa langsung di bagi utk 25 adonan dan isian).


Goreng dg minyak banyak dan api sedang dg sebelumnya di celup ke putih telur dan di guling2kan ke tepung panir sampai rata. Note: Kalo minyaknya sdh banyak bercampur dg rontokan panir nanti di saring dulu ya..soalnya nanti pengaruh dg hasil menggoreng kroket yg selanjutnya krn panir rontokan yg berwarna coklat bisa nempel ke kroket yg akan di goreng.
Sajikan dg saus tomat/sambal, saya lebih suka di makan begitu saja.


Note: Pilihlah jenis kentang yg bagus yg ukuran sedang, penggunaan telur ayam 2 btr saja ((yg kuning utk adonan kentang dan putihnya utk pelapis). Daging ayam bisa jg di kukus/rebus dulu dan potong kotak atau di suwir.




Resep Populer

Followers